Kamis, Juni 08, 2023

Peraturan Hidup Dalam Islam

Struktur ajaran Islam ada pemikiran (fikrah) dan metode (thariqah). Satu pemikiran tidak akan bisa sempurna tanpa adanya metode. Thariqah adalah bagaimana fikrah itu bisa terjadi. Contoh: Keluarga Samara (Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah) adalah merupakan sebuah fikrah dan langkah2 dan cara2 untuk mewujudkannya adalah thariqah. Contoh fikrah lainnya: Hafal Qur'an. Pemikiran Islam: Aqidah Islam dan solusinya (syariat) terhadap problematika kehidupan. Aqidah disebut juga dengan Iman. Aqidah Islam ada 6 (rukun Iman). Metode untuk menerapkan aqidah dan syari'at itu dengan 3 cara: Mempertahankannya dan mengembannya ke seluruhnya ke seluruh dunia. Fikrah itu meliputi aqidah. Thariqah cirinya ada 3, dijelaskan dalam kitab mafahim:

  1. Wajib
  2. Perbuatannya bersifat madiyah
  3. Hasilnya harus maksusah

Ketika Muadz bin Jabal diutus oleh Nabi Muhammad SAW ke Yaman sebagai penguasa, hakim, pengajar, dan pengumpul zakat. Sebelum Muadz berangkat Nabi bertanya, bagaimana kamu memutuskan suatu hukum di sana? Muadz menjawab "saya akan memutuskannya di dalam Al Qur-an,". Kemudian Nabi bertanya lagi, "bagaimana jika kamu tidak menemukannya di dalam Al Qur-an?" kemudian Muadz menjawab: "Saya akan memutuskannya berdasarkannya sunnah Rasulnya (hadits)". Kemudia Nabi bertanya lagi: "Bagaimana kalau kamu tidak menemukannya di dalam hadits?"kemudian Muadz menjawab: "Saya akan menggunakan pikiran saya untuk berijtihad di dalam masalah itu".
Contoh persoalan baru:
  1. Bayi tabung, hukumnya boleh dengan syarat
  2. Mengguanakan hape, pesawat
3 tahapan ijtihad:
  1. Memahami fakta persoalan yang ada
  2. Mempelajari nash-nash syara'
  3. Menyimpulkan hukum untuk diterapkan
Contoh:
Jihad adalah thariqah, karena hukumnya wajib, perbuatannya fisik, . Tapi jihad itu bukan thariqah untuk dakwah, Jihad itu thariqah untuk membuka halangan2 dakwah Syukran jazakallahu khairan katsiran kepada:

0 komentar: