Sabtu, Juni 04, 2011

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Jangan minum sambil berdiri! Minum sambil berdiri itu berbahaya:


Kita semua tahu bahwa ada hadits Nabi yang memerintahkan kita untuk duduk. Tentu kita tidak boleh dibiarkan berdiri apalagi berlari. Dan sejak kecil kita telah diajarkan oleh orang tua kita, minum, duduk.

Ini adalah bunyi hadits yang memerintahkan kita untuk minum ketika duduk:
“Tidak dibiarkan seseorang minum ketika berdiri”
diriwayatkan oleh Muslim
(diambil dari http://cyberwap.net/blog/view.php?id=45499)

Tapi dalam kenyataannya, banyak dari kita yang mengabaikan Sunnah (termasuk saya, tapi tahu masalah ini...). “Ah Sunnah itu bukan suatu kewajiban. Jadi tidak akan mendapat ganjaran/dosa bila tidak dikerjakan kan?...”
Itulah selalu alasan kita untuk tidak mengamalkan Sunnah Rasul. Bagaimanapun, sebenarnya kita tidak mengamalkan Sunnah adalah karena kita tidak tahu apa arti/makna yang terkandung di dalam hadits?
Ada suatu arti/makna yang sangat penting untuk kehidupan kita di balik Sunnah Rasul ini. Sebetulnya, sahabat dapat sms dari seorang teman sahabat tentang kasus ini, kemudian sahabat cari informasinya di internet,dan sahabat rasa masih banyak dari kita yang belum tahu tentang hal ini. Oleh karena itu artikel ini ditulis untuk memberitahukan pada teman-teman semua.

Di dalam tubuh kita ada pori-pori kulit seperti bagian luar dari tubuh kita yang disebut dengan sfringer. Sfringer adalah struktur otot yang dapat terbuka dan tertutup. Sejumlah air yang kita minum akan disalurkan ke tempat-tempat penyaringan yang berlokasi di ginjal. Sfringer akan membuka secara otomatis pada saat kita duduk, dan akan tertutup secara otomatis saat kita berdiri.
Jika kita minum saat duduk air yang kita minum akan disaring oleh sfringer karena sfringer dalama keadaan terbuka. Sebaliknya jika kita minum saat berdiri, maka air yang kita minum tidak akan disaring oleh sfringer karena sfringer dalam keadaan tertutup dan langsung menuju ke kandung kemih.

Sekurang-kurangnya ada 2 penyakit yang akan kita derita jika kita selalu minum saat berdiri:
  1. Sejumlah air bersih yang kita minum pasti mengandung zat kapur. Karena sfringer sedang tertutup, air dan zat yang terkandung di dalamnya tidak satupun masuk ke sfringer, zat-zat tersebut akan dikumpulkan dalam ureter (saluran kencing) yang akhirnya akan mengkristal. Ini disebut dengan penyakit batu ginjal (adanya kristal di saluran kencing)
  2. Seperti air terjun yang jatuh ke batu keras, lama-kelamaan batu keras itu akan terkikis dan berlubang oleh air. Seperti itu pula jika kita minum air sambil berdiri, karena sfringer tertutup maka tidak ada air yang tersaring dan semua air langsung jatuh ke kandung kemih (kandung kemih menerima tekanan/hentakan yang cukup kuat dari jatuhnya air yang kita minum saat berdiri), sehingga akhirnya kandung kemih sakit dan menjadi infeksi.
Itu adalah sekurang-kurangnya ada 2 penyakit yang akan kita derita jika kita minum berdiri, itu artinya masih ada penyakit lain selain 2 penyakit di atas yang disebabkan oleh minum berdiri.
Kesimpulannya, setiap Sunnah Nabi pasti menjadi sesuatu yang berpahala dan menguntungkan, baik keuntungan kesehatan, keuntungan sosial ataupun keuntungan lainnya. Oleh karena itu, mari kita ikuti Sunnah Rasul, walaupun kita tidak tahu keuntungan dari suatu Sunnah, paling tidak kita harus percaya bahwa pasti Sunnah Rasul menjadi suatu keuntungan yang besar bagi kita yang mengamalkannya.

Sekarang kita telah tahu keuntungan minum air sambil duduk dan bahaya minum air sambil berdiri untuk kesehatan. Sekarang mari kita ajak yang lainnya untuk minum saat duduk untuk kesehatan diri kita.

Masya Allah........... Ternyata setiap Sunnah Rasul ada hikmah tersembunyi di baliknya, terima kasih ya Allah......., terima kasih ya Rasul...........

Saya harap tulisan sederhana ini dapat berguna untuk semuanya. Amin.......

ingin dapat artikel menarik lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat informasi dengan dengan account facebook kamu,

sumber: http://justepri.web.id/secret-of-sunnah-sit-while-drinking

0 komentar: